Friday, 16 October 2015

KARIES GIGI

 Masalah Utama kesehatan gigi dan mulut

Karies gigi adalah penyakit infeksi yang merupakan suatu proses demineralisasi yang progresif pada jaringan keras permukaan gigi oleh asam organis yang berasal dari makanan yang mengandung gula. Karies gigi merupakan penyakit yang paling banyak dijumpai dirongga mulut bersama dengan penyakit periodontal. Mekanisme terjadinya karies gigi dimulai dengan adanya plak dipermukaan gigi. Sukrosa (gula) dari sisa makanan dan bakteri berproses menempel pada waktu tertentu berubah menjadi asam laktat yang akan menurunkan PH mulut menjadi kritis. Hal ini menyebabkan demineralisasi email berlanjut menjadi karies gigi.

penurunan PH yang berulang-ulang dalam waktu tertentu akan mengakibatkan demineralisasi permukaan gigi yang rentan dan proses karies pun dimulai dari permukaan gigi (pits,fissur dan daerah interproksimal) meluas kearah pulpa.

Faktor Etiologi Karies
banyak faktor yang dapat menimbulkan karies gigi pada anak, diantaranya adalah faktor didalam mulut yang berhubungan langsung dengan proses terjadinya karies gigi. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya karies gigi adalah Host (gigi dan saliva), substrak (makanan), mikroorganisme penyebab karies dan waktu. Karies gigi hanya akan terbentuk apabila terjadi interaksi antara faktor-faktor tersebut:
 Host (gigi dan saliva/air liur)
    Komposisi gigi sulung terdiri dari email diluar dan dentin didalam. Permukaan email terluar lebih tahan karies dibanding lapisan dibawahnya, karena lebih keras dan lebih padat. struktur email sangat menentukan dalam proses terjadinya karies.


Variasi morfologi gigi juga mempengaruhi resistensi gigi terhadap karies. karena sisa-sisa makanan maupun bakteri akan mudah tertumpuk disini.


saliva / air liur merupakan sistem pertahanan utama terhadap karies. Sekresi saliva akan membasahi gigi , mukosa mulut dan membersihkan rongga mulut dari debris-debris makanan sehingga bakteri tidak dapat tumbuh dan berkembang biak. Enzim yang terdapat dalam saliva mempunyai sifat bakteriostatis yang dapat membuat bakteri mulut menjadi tidak berbahaya.


   Mikroorganisme
plak gigi memegang peranan penting dalam menyebabkan terjadinya karies. plak adalah suatu lapisan lunak yang terdiri atas kumpulan mikroorganisme yang terbentuk dan melekat erat pada permukaan gigi yang tidak dibersihkan. plak terdiri dari mikroorganisme (70%) dan bahan antar sel (30%). plak akan terbentuk apabila adanya karbohidrat, sedangkan karies akan terbentuk apabila terdapat plak dan karbohidrat.
   
Faktor Predisposisi Karies
terdapat juga faktor lain yang berpengaruh terhadap pembentukan karies yang mungkin tidak sama pada semua orang. Faktor-faktor resiko tersebut adalah:
1. Jenis kelamin
2. Usia
3. Kebiasaan makan
4. Tingkat sosial ekonomi



                Sumber: BIDDOKKES POLDA D.I.YOGYAKARTA