Tuesday, 13 October 2015

PRAKTIKUM PENGENALAN ALAT-ALAT GELAS

Tujuan :  untuk mengenal alat-alat kimia supaya tidak terjadi kesalahan pada saat pengambilan alat di Labolatorium

Nama Alat dan Fungsinya:

  1. Tabung Reaksi : Sebagai tempat mereaksikan zat-zat kimia didalam labolatorium. Tabung reaksi terbuat dari kaca bening dan tahan oleh panas, supaya kita dapat melihat reaksi-reaksi dengan jelas.
  2. Gelas Kimia : Tempat untuk menyimpan dan membuat larutan. Gelas kimia memiliki takaran namun jarang bahkan tidak diperbolehkan untuk mengukur volume suatu Zat cair.
  3. Gelas Ukur : Alat yang biasanya untuk mengukur takaran benda cair.
  4. Labu Takar : untuk membuat dan atau mengencerkan larutan dengan ketelitian yang tinggi.
  5. Botol Timbang : menyimpan bahan yang akan ditimbang terutama untuk bahan cair dan dapat juga digunakan untuk menyimpan sampel yang akan dianalaisa kadar airnya.
  6. Kohlroosh : Untuk membuat larutan dengan volume tertentu.
  7. Labu Elenmeyer : Tempat untuk membuat larutan. Dalam membuat larutan elenmeyer selalu digunakan.
  8. Petridish : Digunakan untuk membiakan sel, Petridish selalu berpasangan yang ukuranya agak kecil sebagai wadah dan yang lebih besar merupakan penutupnya.
  9. Gelas Arloji : Sebagai penutup saat melakukan pemanasan terhadap suatu bahan kimia. Untuk menimbang bahan-bahan kimia. Dan untuk mengeringkan bahan dalam desikator.
  10. Mortir Porselin : Untuk menghaluskan Zat yang masih bersifat padat atau kristal
  11. Mangkok Porselin : Terbuat dari porselin, kaca atau batu granit yang dapat digunakan untuk menghancurkan dan mencampurkan berbagai padatan kimia.
  12. Penjepit Tabung Reaksi : Untuk menjepit tabung reaksi disaat proses pemasakan Zat kimia.
  13. Pipet Volume : Untuk mengambil larutan dengan volume tetap sesuai dengan label yang tertera pada bagian yang menggelembung (gondok) pada bagian tengah pipet.
  14. Pipet Ukur : Untuk Mengambil analit dengan volume tertentu misal 10 - 25 ml, maka harus menggunkan pipet ukur.
  15. Gelas Pengaduk/spatula : Batang pengaduk terbuat dari kaca tahan panas, yang digunakan untuk mengaduk larutan kimia didalam alat gelas hingga larutan tersebut homogen. 
  16. Corong : Untuk membantu memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain terutama wadah yang bermulut kecil. Dapat juga digunakan untuk menyimpan kertas saring dalam proses penyaringan.
  17. Buret : Digunakan untuk mengukur volume larutan dengan presesi tinggi seperti titrasi dengan berbagai ukuran volume.
  18. Botol Sembur : sebagai tempat penyimpanan aqudes. Cara penggunaan dengan menekan badan botol sampai airnya keluar. dapat juga digunakan untuk membilas dinding dalam bejana kaca.
  19.