Tuesday, 8 March 2016

Sifat Kimia Tanaman Cokelat




tanaman coklat dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki kemasaman (pH) 6-7,5, tidak lebih tinggi dari 8, serta tidak lebih rendah dari 4, setidaknya, pada kedalaman 1 m. hal itu disebabkan terbatasnya ketersediaan hara pada pH tinggi dan efek racun dari Al, Mn, dan fe pada pH rendah.
pH tanah yang juga disebutkan ideal bagi coklat adalah 5,6-7,2. Hal ini tampaknya berkaitan dengan luasnya lahan masam sehingga pH menjadi faktor pembatas. Tanah demikian sangat perlu diberi kapur dengan dosis 1,6 kg per pohon per tahun sehingga pH tanah meningkat dan hara bagi cokelat bereaksi menjadi bentuk yang tersedia. Dengan dosis tersebut kemasaman tanah liat pantai dapat ditingkatkan sebesar 1,0 dan 1,3 dari pH awal 4,3.
Disamping faktor kemasaman, sifat kimia tanah yang juga turut berperan adalah kkadar Zat organik. kadar zat organik yang tinggi akan meningkatkan laju pertumbuhan pada masa sebelum panen (TBM). oleh karena itu, zat organik pada lapisan tanah setebal 0-15 cm sebaiknya lebih dari 3%. kadar tersebut setara dengan 1,75% unsur karbon yang dapat menyediakan hara dan air serta struktur tanah yang gembur.

Sumber :Tumpal H.S. Siregar 2010, Budidaya cokelat. Jakarta